Share
BIDAN DESA,  PROFESI YANG DICINTAI  DAN  MULIA.
Desmon Mantaili | Karsa Institute & Jurnalis Kampung

layanan kesehatan di Porelea : pemeriksaan balita rutin dialkukan tiap bulan. | foto by : Desmon Mantaili
Walaupun jauh dari keluarga, Debi Austria  yang lebih akrabnya disapa mama Egin adalah bidan desa yang tangguh dalam melayani orang  sakit di wilayah terpencil di wilayah. Pipikoro. Hasil wawancara pada sabtu, 2/7/2016 terkait dengan layanan kesehatan, Debi menyampaikan bahwa sejak januari hingga juni 2016 sudah ada delapan orang ibu yang ditangani langsung melahirkan bersama – sama dengan  kader kesehatan yang ada di Desa Porolea sedangkan untuk pelayanan pengobatan pada masyarakat yang sakit bidan desa ini  harus berkeliling dari desa  ke desa dengan naik kendaraan motor ojek pada setiap hari kamis - sabtu di tiga Desa ( Onu, Porelea dan Lonebasa ) yang ada di wilayah Pipikoro dengan melewati jalan setapak dan jurang yang sewaktu – waktu dapat mengancam keselamatannya sendiri.

Satu hal yang membuat bidan desa ini mau melayani di wilayah terpencil, bahwa profesi sebagai bidan desa ini pekerjaan yang dicintainya  dan sangat mulia kerena bisa menyelamatkan nyawa manusia. Walaupun status sebagai tenaga kontrak belum jelas, bukan berarti megurungkan niat sebagai bidan desa untuk melayani di wilayah Pipikoro, ucapnya.

Kepala Desa Porelea Karel, mengatakan kesungguhan dan keiklhasan hati bidan desa dalam melayani dan membantu orang sakit di desa Porelea ini, membuat bidan desa begitu sangat dicintai oleh masyarakat desa. Dulunya jauh sebelum ada bidan desa masyarakat porelea harus berjalan 6 km ke Desa Koja untuk mau berobat, namun saat ini dengan adanya bidan desa membuat pelayanan kesehatan di desa porelea sudah semakin membaik # Dinknlusif. #Jurnaslis kampung #karsa institute.

0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel